Tips Mudah dan Simple Memasak Semua Jenis Daging Agar Empuk Tidak Alot

Tips Mudah dan Simple Memasak Semua Jenis Daging Agar Empuk Tidak Alot – Terkadang kita mendapatkan jenis daging yang alat dan keras saat kita masak. Itu sebenarnya bukan dagingnya, namun cara kita memasak yang kurang benar. Ada tehnik dan cara yang harus dilakukan dengan tepat untuk mendapatkan daging empuk dan tidak alot.

cara mengempukkan daging kambing sapi

Semua jenis daging akan alot dan keras jika tidak tahu tips memasaknya, baik daging ayam, kambing, sapi. Kalau sudah alot maka saat makanpun tidak terasa nikmat, malah dapat membuat gigi dan gusi jadi sakit.

Cara membuat daging lebih empuk dan tidak alot, cara berikut ini dapat anda lakukan dengan simple dan mudah sekali. Langsung saja dicoba cara berikut ini :

  • Buat irisan atau potong melebar. Irisan ini harus mengikuti arah serat daging, jangan menyilang. Namun, harus diperhatikan juga ketebalan setiap serat yang akan kita potong. Jika terlalu lebar, akan kesulitan saat kita mengunyah. Perkirakan ukuran yang sesuai dengan masakan
  • Pukul menggunakan alat pemukul daging. Jika cara pertama anda kurang lihai maka cara kedua ini lebih mudah untuk dilakukan yaitu menggunakan alat pemukul daging. Jika anda belum punya maka dapat dilakukan cara yang lain.
  • Jangan memasak daging dalam keadaan dingin. Sebaiknya bila memang daging masih beku, diamakan dahulu hingga seperti suhu biasanya. Anda dapat merendam daging pada air biasa hingga suhu tidak lagi dingin atau daging kaku. Ganti air beberapa kali untuk mendapatkan suhu biasa.
  • Menggunakan nanas. Cara ini sudah umum digunakan ketika anda menjumpai daging yang alot untuk dimasak. Yaitu dengan menghaluskan atau melumatkan nanas, kemudian balurkan pada daging, diamkan selama 10-20 menit. Cuci bersih dan masak seperti biasanya. Cara ini akan dapat melunakkan daging saat akan dimasak sesuai dengan kebutuhan
  • Menggunakan daun pepaya. Daun pepaya yang digunakan adalah yang masih muda, bukan yang sudah tua. Caranya remas-remas daun pepaya hingga keluar getahnya, siapkan daging dan bungkus daging dengan daun pepaya dengan merata. Diamkan selama 30 menit sebelum dimasak. Cara ini sangat baik dan cocok untuk daging kambing dan sapi sebelum dimasak atau disate/steak.

Tips memasak diatas mudah dan sudah umum digunakan, namun jika kita tidak tahu caranya yang tentu saja akan kerepotan dan masakan anda tidak jadi enak. Kan, tahu sendiri kalau daging alot, malah akan membuat gigi dan gusi kita sakit. Kalau tidak paling juga masuk kesela-sela gigi kita yang renggang.

Saya suka memasak, dulu sebelum tahu bagaimana cara mengempukkan daging, alternatif yang saya gunakan adalah memasak daging dalam waktu yang lama. Kalau begini akan lebih boros di gas yang kita gunakan, apalagi kabarnya mau naik. Bisa empuk dan cocok jika dimasak sop atau gulai. Semoga bermanfaat untuk sahabat semua. [https://arlivawidji.wordpress.com/2017/02/20/tips-mudah-dan-simple-memasak-semua-jenis-daging-agar-empuk-tidak-alot/]

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s