Ternyata Inilah Cara Mudah Menghilangkan Bau Tanah Pada Ikan Lele

Ternyata Inilah Cara Mudah Menghilangkan Bau Tanah Pada Ikan Lele. Ikan lele merupakan salah satu ikan yang banyak disuka oleh masyarakat. Beberapa yang menjadi alasan karena mudah didapat, rasa gurih dan daging yang lembut. Sehingga tidak heran jika lele banyak juga yang memelihara sendiri.

Disamping itu lele dapat dimasak dengan berbagai macam masakan, paling sederhana dapat kita goreng saja sudah cukup memberikan aroma yang sedap. Masakan lain bisa juga seperti di bumbu kuning, sambal goreng, pecel dan masih banyak lagi yang lain.

Ada satu masalah yang terkadang membuat sebagian orang tidak menyukai lele, yaitu bau tanah yang masih ada pada masakan tersebut. Hal ini karena cara membersihkan yang kurang benar sebelum memasaknya.

cara membersihkan lele

Untuk mendapatkan lele yang bebas dari bau, maka harus dibersihkan dengan benar. Adapun cara yang baik dan benar dalam membersihkan lele adalah sebagai berikut ini :

a. Bersihkan lele dengan maksimal. Bersihkan perut lele dan jerohan yang ada didalamnya dengan bersih. Konon jerohan dan isi perut lele inilah yang pertama menyebabkan bau tanah masih ada pada lele saat dimasak, sehingga membersihkan dengan maksimal menjadi kunci yang penting.

b. Menyayat lele saat memasak dengan tehnik yang tepat, jangan sembarangan menyayat karena cara ini dapat juga membuat bau tanah hilang dan bumbu lebih meresap kedalam daging lele, saat menggoreng pun juga akan membuat lele lebih kering. Sebaiknya, sayat lele dari belakang kepala sampai belakang ekor mengikuti alur garis tulang lele.

c. Yang terakhir adalah kamu dapat merendam bumbu lele selama 30 menit sebelum memasak, agar bumbu meresap lebih baik dan menghilangkan bau tanah tadi.

Bau tanah pada lele merupakan hal yang lumrah biasa terjadi. Memang lele merupakan ikan yang suka dengan habitat lumpur, sehingga tidak heran jika lumpur akan lekat menempel pada kulit, insang hingga kedalam jeroan tubuhnya. Hingga ketika kita menyantapnya, membuat cita rasa lele yang lezat menjadi berkurang bahkan hilang.

Ada juga sebagian orang tidak suka dengan lele sama sekali. Karena menurutnya lele merupakan ikan yang jorok. Entah dari mana anggapan ini, namun yang jelas kalau mau lebih bersih sebelum memasak, terutama saat masih hidup sebaiknya, pelihara dulu selama 3 hari dalam air yang bersih tanpa diberikan makanan apapun. Ketika air menjadi keruh maka ganti lagi dengan yang bersih. Nah, setelah tiga hari tersebut maka lele akan bebas dari bau tanah dan steril. Inilah salah satu pembersihan lele secara alami. Selamat menikmati lele yang bebas dari bau tanah.

Manfaat minyak bulus yang ajaibbb

minyak bulus

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s