Perkembangan Nyamuk DBD Menjadi Lebih Ganas

nyamuk demam berdarah

 

Kelambu nyamuk – Mungkin sahabat pernah menonton film Ice Age dimana yang menjadi topik adalah adanya perubahan iklim global dunia. Nah, ternyata perubahan iklim global ini membawa perubahan pada makhluk hidup yang ada, mereka mengalami perubahan adaptasi. Seperti halnya Nyamuk Demam berdarah ini yaitu aedes aegypty yang mengalami perubahan yang lebih kecil, memiliki silus hidup yang singkat dan cenderung lebih sering menggigit. Kata seorang peneliti dari departemen kesehatan.

Perubahan fisik pada nyamuk memungkinkan terbang lebih cepat dari sebelumnya, mudah berpindah sasaran yang menyebabkan nyamuk membutuhkan banyak asupan sebagai proses metabolisme. Sehingga nyamuk akan lebih sering menggigit.

Nyamuk aedes aegypty biasanya menggigit setiap 5 hari sekali selama hidupnya yaitu 2-3 bulan. Nah, untuk saat ini nyamuk menggigit 3 hari sekali. Sehingga nyamuk akan menggigit sebanyak 30 kali lebih banyak dari sebelumnya yang hanya sekitar 18 kali seumur hidup. Sehingga nyamuk akan lebih banyak menularkan virus kepada orang lain, yang diikuti perubahan siklus hidup pada nyamuk.

Dalam penelitian, nyamuk sedes aegypty lebih cepat dewasa dari sebelumnya, sehingga bisa secepat mungkin menginfeksi tubuh manusia dengan gigitannya. Karena percepatan nyamuk menjadi lebih dewasa membuatnya tumbuh jadi prematur namun tidak mengurangi kemampuannya dalam menggigit.

Perubahan iklim membuat nyamuk demam berdarah berubah jadi lebih ganas, sehingga yang perlu kita waspadai adalah bagaimana cara melakukan pencegahan pada nyamuk untuk mengurangi tingkat kasus demam berdarah yang terjadi.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s