Makanan Yang Tidak Baik Untuk Ibu Hamil

Makanan Yang Tidak Baik Untuk Ibu Hamil sudah barang tentu tidak boleh untuk dikonsumsi. Makanan bagi ibu hamil juga harus bervariasi untuk mendapatkan nutrisi dan nilai gizi yang seimbang. Namun perlu untuk diketahui bahwa tidak semua makanan baik untuk ibu hamil dan janin yang dikandungnya. Walaupun makanan tersebut mengandung nutrisi yang dibutuhkan oleh ibu hamil, alangkah baiknya mencari alternatif makanan lain yang punya nilai gizi yang sama. Mengingat bahaya kurang baik yang ditimbulkan karena makanan tersebut.
periksaibuhamil

Kelambu nyamukKehamilan bagi seorang wanita dan pasangan muda tentu sebuah kabar yang begitu menggembirakan. Dengan ini berarti mereka akan segera mempunyai sang buah hati, penghibur atau malaikat yang senantiasa mengisi hari-hari pasangan tersebut. Untuk itu harus hati-hati ketika mulai awal trimester pertama, apalagi jika ini merupakan kehamilan yang pertama juga. Salah satu yang harus menjadi perhatian bagi mereka adalah asupan makanan bagi ibu untuk perkembangan janin yang dikandungnya.

Berikut ini adalah beberapa daftar makanan yang tidak baik untuk ibu hamil dan harus dihindari untuk menjaga kesehatan ibu dan janin yang dikandungnya. Diantaranya adalah sebagai berikut :

– Makanan setengah matang atau kurang matang. Cara memasak yang baik dan benar harus diperhatikan oleh ibu hamil sehingga didapat makanan yang benar-benar matang. Ini dimaksudkan untuk menghindari kemungkinan makanan yang kurang matang yang mengandung bakteri dan virus yang mempengaruhi ibu dan janin yang dikandungnya. Hindari juga jajanan yang disajikan setengah matang atau bahkan sayuran mentah.

– Makanan laut atau sering kita kenal dengan nama seafood. Seafood bisa menjadi sumber makanan yang mengandung asam lemak omega 3 dan bermanfaat untuk bayi. Apalagi tidak dimasak sampai matang sempurna, ini lebih berbahaya lagi. Karena makanan laut berpotensi mengandung merkuri yang dapat merusak perkembangan otak bayi. Selama hamil sebaiknya tidak mengkonsumsi makanan ini.

– Sayuran dan buah-buahan yang tidak dicuci bersih berpotensi mengandung bakteri dan kuman yang dapat mempengaruhi kesehatan ibu dan janin yang dikandungnya. Mencuci dengan bersih merupakan keharusan yang senantiasa dilakukan untuk mendapatkan kebersihan dan lebih steril sebelum dimasak. Jangan lupa saat masak juga harus matang dengan sempurna.

– Kafein, teh, nikotin dan alkohol. Seperti kita ketahui bahwa jika zat ini kita konsumsi secara berlebihan maka akan bisa membahayakan janin. Dan alangkah lebih baik jika menghindari zat ini untuk memberikan kesehatan untuk ibu dan bayi yang dikandungnya.

Semoga selalu sehat sampai kelahiran anak anda. aamiin

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s