Masalah Kesehatan Dilihat dari Makanan

Masalah Kesehatan Dilihat dari Makanan

makanan sehat

Kelambu nyamuk murah – Merasa memiliki hasrat makan berlebih? Jika ya, Anda harus mulai waspada. Karena keinginan makan secara terus-menerus ini bisa jadi tanda adanya masalah kesehatan. Bisa jadi tubuh kekurangan mineral, kalori, atau yang lainnya. Melansir Galtime, jenis makanan yang kerap dipilih pun bisa digunakan sebagai prediksi kondisi kesehatan. Apa saja?

Makanan manis
Jika Anda cenderung mencari makanan manis, biasanya karena tubuh sedang mencoba meningkatkan kadar serotin, yakni hormon pembangkit rasa bahagia di dalam otak.
Makanan yang tinggi karbohidrat seperti cokelat, es krim dan berbagai penganan manis lainnya akan meningkatkan serotonin dengan cepat dan membuat mood Anda lebih baik. Hasrat makanan manis juga menandakan bahwa tubuh memerlukan tambahan energi.
Rasa manis dari makanan ini juga banyak dicari saat tubuh tidak mendapat asupan makanan. Biasanya saat kita melawatkan jam makan. Jika terus dituruti, risiko terkena diabetes atau kegemukan semakin besar.
Cara sehat untuk memuaskan keinginan makanan manis dan meningkatkan serotin, adalah: menggantinya dengan makan buah segar seperti pisang, melon atau semangka.
Mengandung daging
Jika Anda selalu ingin makan burger, steak, sup buntut, atau daging asap, kemungkinan tubuh sedang kekurangan zat besi. Saat tubuh kekurangan zat besi, secara otomatis otak akan memberi sinyal agar kita memilih jenis makanan yang kaya akan zat besi untuk memenuhi kebutuhan tersebut.
Sebenarnya, mengonsumsi daging merah sesekali baik untuk tubuh. Namun jika dimakan setiap hari dapat menyebabkan kolesterol tinggi, dan gangguan pencernaan. Anda bisa mendapatkan zat besi lain dari telur, daging ayam, atau kacang-kacangan.
Makanan asin
Sering ngemil keripik, cheese stickpretzel, atau kerap menambahkan garam pada makanan? Bisa jadi Anda sedang mengalami kekurangan mineral. Sejumlah penelitian menunjukkan, bahwa wanita yang mengalami kekurangan kalsium, cenderung memilih makanan asin.

Asupan makanan yang mengandung sodium, bisa menambah tingkat kalsium meskipun sifatnya hanya sementara. Itu sebabnya wanita dalam fase PMS, seringkali memilih makanan asin. Agar lebih sehat, ganti makanan asin dengan air kelapa murni untuk mencukupi kebutuhan mineral tubuh

Pentingnya Sarapan Pagi untuk Kesehatan

Kesibukan yang padat seringkali membuat kita melewatkan sarapan, dan malah menggantinya dengan secangkir kopi sebagai obat kantuk. Padahal, sarapan ini penting sebagai pembentukan energi untuk memulai aktivitas. Termasuk mengusir rasa kantuk dan lemas.

Dilansir NHS News, sebuah penelitian mengungkapkan bahwa terlalu sering melewatkan sarapan memunculkan risiko penyakit jantung koroner. Risiko tersebut bahkan mencapai 27 persen lebih tinggi dibandingkan mereka yang rutin sarapan.
Tidak hanya sarapan, seseorang yang sering melakukan midnight snack atau mengonsumsi makanan sebelum tidur, juga memiliki risiko 55 persen menderita jantung koroner dibanding mereka yang tidak.
Penelitian yang dilakukan Harvard School of Public Health dan Harvard Medical School ini, melibatkan 26.902 responden berusia antara 45 hingga 82 tahun, yang sebelumnya tidak memiliki riwayat penyakit kanker, jantung koroner, serangan jantung atau stroke.
Pertanyaan yang harus dijawab: berapa kali mereka mengonsumsi makanan setiap hari, dan waktu yang paling sering digunakan untuk makan. Juga asupan energi, kualitas makanan, dan konsumsi alkohol, kebiasaan merokok, status pernikahan, status pekerjaan.
Pengamatan yang dilakukan selama 16 tahun ini juga memeriksa jantung para responden setiap dua tahun sekali.
Hasilnya, sekitar 1.527 orang menderita penyakit jantung koroner. Yakni, 27 persen pada mereka yang melewatkan sarapan dan 55 persen pada mereka yang makan menjelang tidur.
Meski begitu, penelitian ini belum memberikan sebab dan akibat antara sarapan dengan risiko penyakit jantung koroner. Karena risiko tersebut, bisa saja disebabkan oleh faktor lain seperti obesitas, tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi atau diabetes yang juga kerap menyerang mereka yang melewatkan sarapan. Masalah Kesehatan Dilihat dari Makanan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s