Tips Sehat Dalam Berbuka Puasa

Tips Sehat Dalam Berbuka PuasaTips kesehatan saat berpuasa

tips berbuka puasa sehat

Kelambu nyamuk murah – Berbuka puasa adalah saat yang paling ditunggu dalam kita menjalankan ibadah puasa. Karena saat inilah akan banyak kita rasakan manfaat yang sangat luar biasa. Kenikmatan ini bahkan telah menjadi jaminan Allah Subhanahu wata’ala. Dan tidak lupa sebelum berbuka sebaiknya anda bisa melakukan doa berbuka puasa terlebih dahulu, agar lebih berkah dan manfaat.

Berikut ini adalah tips sehat dalam berbuka puasa untuk anda :

1. Berbuka dengan yang Manis
Selama berpuasa, tubuh kehilangan banyak energi. Gula, atau makanan/minuman yang mengandung gula bisa memberi asupan energi dengan cepat, sehingga tubuh pun cepat kembali segar. Tapi perhatikan juga konsumsinya, jangan sampai berlebihan dan usahakan gula yang Anda konsumsi alami, yang berasal dari buah-buahan. Anda disarankan makan tiga butir kurma dan air putih, atau bisa berbuka dengan buah-buahan seperti pir, jeruk dan anggur.

2. Hindari Minum Air Es
Hindari minuman yang terlalu dingin. Minuman dingin bisa membuat perut cepat kenyang, sehingga kita kehilangan selera untuk mengonsumsi makanan yang bergizi, yang tidak didapatkan tubuh selama berpuasa. Selain itu air atau makanan yang terlalu dingin bisa mengganggu penyerapan nutrisi makanan dalam tubuh.

3. Air Kelapa Murni
Menurut praktisi gaya hidup sehat dr. Phaidon L. Toruan, air kelapa murni, kurma serta buah-buahan lainnya merupakan makanan dan minuman paling ideal untuk berbuka puasa. Air kelapa kaya akan elektrolit yang diperlukan untuk mengganti cairan elektrolit yang hilang selama berpuasa.

4. Jangan Langsung Makan Berat
Saat berbuka, biasanya kita cenderung kalap, ingin melahap semua makanan yang tersaji. Tapi tahanlah keinginan itu. Lambung perlu beradaptasi dengan makanan setelah lebih dari 12 jam kosong. Langsung menghantamnya dengan makanan berat akan membuat perut ‘kaget’ dan bisa menimbulkan perut kembung hingga sembelit. Setelah mengonsumsi makanan manis, berilah jeda waktu bagi lambung untuk mencerna makanan secara perlahan, kira-kira 30 menit. Baru mulai makan makanan berat, misalnya nasi merah beserta lauk dan sayur. Usahakan yang direbus, kukus atau panggang. Bukan digoreng karena membuat cepat ngantuk.

5. Makan Pelan-pelan
Makan dengan cepat bisa mengganggu kestabilan kadar gula dalam darah, sehingga Anda akan selalu merasa lapar dan semakin semangat mengunyah makanan. Otak membutuhkan sekitar 20 menit untuk mengirim sinyal kenyang. Makan cepat dapat membuat Anda mengonsumsi makanan berlebihan dan memakan kalori lebih banyak. Tentunya Anda tidak mau, setelah 1 bulan berpuasa, tubuh justru akan jadi lebih gemuk. Mengunyah secara perlahan akan memberi waktu bagi tubuh untuk menyerap glukosa dan kalori yang diperlukan tubuh.

6. Buah Melon untuk Penderita Maag
Bagi penderita maag, dr. Phaidon menyarankan untuk berbuka puasa dengan minum jus melon. Setelah itu, bisa mengonsumsi kurma atau buah segar karena mengandung gula alami yang aman bagi tubuh. “Untuk yang sakit maag, jus melon bisa bantu pemulihan luka,”

Namun apa yang ada diatas bukanlah suatu hal yang wajib untuk dilakukan, karena setiap orang berbeda kondisi dan keadaan. Pernah saya temui bahwa ada seorang yang langsung berbuka dengan minum es yang dingin dan dia ternyata baik-baik saja sampai puasa selesai. Ada juga yang memang tidak bisa langsung minum es saat berbuka, kecuali minum dengan yang hangat terlebih dahulu.

Intinya adalah tips sehat dalam berbuka puasa adalah bagaimana setiap anda bisa menyesuaikan diri dan tidak berlebihan. Semoga bermanfaat bagi sahabat sekalian.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s