Pengiriman paket Pedagang Online

ArlivaPengiriman paket pedagang online. Beberapa hari yang lalu saya membaca sebuah keluhan atau ungkapan hati dari seorang pedagang online yang merupakan salah satu teman saya juga. Keluhan yang di tulis dalam BBM tersebut memang tidak jauh dengan apa yang saya alami sendiri, walaupun sebenarnya dengan diam saya tahan rasa itu dan mencoba untuk selalu bersabar. Dan rata-rata yang mereka keluhkan adalah karena proses dari pengiriman JNE pada customer yang kurang memuaskan para pedagang online.

Bagaimana tidak, ketika hari pengiriman yang telah di tentukan sudah lewat masa lamanya, maka yang menjadi keresahan adalah seorang pelanggan atau customer dari pedagang online tersebut. Mereka akan bertanya dan menanyakan perihal barang yang sudah mereka pesan beberapa hari yang lalu. Tidak luput dari pertanyaan yang biasa mereka tanyakan yang pertama adalah “kenapa barang pesanan belum juga sampai saya”.

Memang kejadian seperti ini tidak mengenakkan bagi para pedagang online, namun lebih tidak mengenakkan lagi untuk pelanggan atau customer. Mereka yang baru belanja online akan mengira kena tipu, ini itu dan seabrek pikiran lain yang akan selalu terlintas dalam benak mereka. Mereka akan selalu menghubungi pedagang online baik dengan sms, telp atau BBM Ping, bahkan sehari bisa 3 kali atau lebih.

Dan ini saya alami pada customer saya yang baru pertama kali melakukan transaksi via online. Dia membeli barang pada saya yaitu siklus pembalut wanita dan ternyata barang yang dia pesan tidak kunjung datang sampai waktu yang cukup lama yaitu 2 minggu. Dengan alamat yang tidak terlampau jauh seharusnya barang tersebut datang hanya dalam 2 hari setelah tanggal pengiriman, itu yang tertera dalam paket JNE. Dia menghubungi saya dihari ketiga dan selanjutnya, baik melalui sms atau telp langsung ke hp saya. Itu dia lakukan selama beberapa hari, walaupun pada akhirnya dia paham juga.

Ada juga sahabat kami yang ada di papua, ada yang membeli kelambu nyamuk dan juga natural crystal x dengan kasus yang sama seperti diatas. Begitu juga dengan produk kami yang lain yang tidak beda dengan masalah diatas seperti arliva kosmetik dan produk kami yang lain.

Dengan kejadian yang seperti ini, seorang pedagang online juga harus siap untuk bisa memberikan pelayanan yang terbaik terkait dengan lambatnya pengiriman tersebut kepada customer. Jelas sekali bahwa lambatnya pengiriman adalah diluar kuasa seorang pedagang online, namun lebih kepada jasa paket pengiriman yang tidak konsisten. Ini saya ungkapkan karena dalam setiap alamat tujuan tentu saja akan kita cantumkan nomor telp penerima, kenapa tidak menghubungi penerima paket jika memang susah nyari atau bingung. Mungkin sedekar sms untuk tanya alamat yang dimaksud, apakah sudah benar dan sesuai dengan di paket penerima atau belum. Namun, hal ini mungkin tidak dilakukan semua kurir pada jasa paket tersebut, meskipun memang ada yang menghubungi.

Nah, untuk tips pedagang online dalam mengatasi masalah seperti diatas, insyaa Alloh akan kita bahas pada artikel yang selanjutnya. Mudah-mudahan bermamfaat buat para calon pembeli online atau pra pedagang online yang sudah lama atau baru seperti saya ini. Salam

Arliva widji, HP 081399295740 atau PIN BB 298B8899

One comment

Tinggalkan Balasan

